Seminar Nasional Social Entrepreneurship

Published by adminpena on

Seminar Nasional – Social Entrepreneurship, Harapan dan Realita di Era Digital

Semarang, 20 Maret 2019. STIE Pelita Nusantara (PENA) menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Social Entrepreneurship, Harapan dan Realita di Era Digital”. Seminar dilaksanakan di Aula Gedung A STIE PENA Jl. Slamet Riyadi 40 Semarang diikuti dengan penuh semangat oleh mahasiswa STIE PENA, UNAKI, UDINUS, dan UNISBANK. Pembicaranya adalah Bp. DR. Edy Rahardja S, SE, MSi (Komite Audit PT Semen Indonesia-Gresik, sekaligus Kaprodi Manajemen Sekolah Vokasi UNDIP), Ibu. Sri Handayani SE, MM (Pengusaha sektor konstruksi sekaligus social entrepreneur), serta Bp. DR. Udin, dosen UNDIP sekaligus Direktur SDM perusahaan swasta di Jateng. Bapak Untung Widodo, SE, MM selaku Ketua STIE PENA, dalam sambutannya menyampaikan seminar ini sangat menarik karena dapat mendorong mahasiswa generasi milenial yg sedang memasuki era industri 4.0 menjadi pengusaha yang bermanfaat dan memberi sumbangsih pada masyarakat, bangsa dan negara.

Seminar Nasional Social EntrepreneurshipPak Edy memaparkan Sociopreneur adalah semangat wirausaha dalam memecahkan masalah sosial, posisinya di tengah antara charity dan business. Beliau mengajak mahasiswa untuk menjadi social entrepreneur sejak sekarang, jangan melihat besarnya atau berapa nilainya, tapi tingkat kemanfaatannya bagi orang banyak. Mari kita meniru Muhammad Yunus dalam mengembangkan Grameen sampai memperoleh Noble. Banyak sekali anak-anak muda di dunia ini yang menjadi pengusaha namun memiliki jiwa sosial tinggi yg bisa dicontoh. Bu Any (panggilan akrab Ibu Sri Handayani), menyampaikan sejak kecil sudah didik oleh kakek, ayah dan mamanya untuk menjadi pengusaha yang banyak bersedekah. Banyak karyawan dan anak-anak yatim dan kurang mampu yang beliau bantu, dan Alhamdulillah usahanya selalu diberi kelancaran.

Saat ini Bu Any meneruskan studi S3 di Undip, ini membuktikan bahwa menjadi pengusaha tidak harus berhenti belajar. Sementara Pak Udin adalah sosok ilmuwan sekaligus praktisi SDM di perusahaan. Sudah banyak tulisan beliau bersama Pak Edy selaku seniornya dimuat di journal internasional bereputasi berstandar scopus. Lewat tangan dingin beliau dan Bu Any para karyawan yang jumlahnya ratusan sangat loyal pada perusahaan dan mampu menunjukkan kinerja yang luar biasa. Semoga Allah membalas kebaikan dengan berlipatganda pada beliau bertiga yang telah menyisihkan sebagian waktu, tenaga dan hartanya untuk kepentingan sosial.

Download Materi Seminar

Sukses untuk STIE PENA, sukses untuk Social Entrepreneur di Indonesia.

Categories: Seputar Kampus

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.