Kuliah Kerja Lapangan & MoU dengan PT. Marimas Putra Kencana

Pendekatan yang sistematis, koheren, dan komprehensif dalam implementasi dan pengembangan kurikulum di lingkungan Lembaga Pendidikan Tinggi harus mendapat perhatian serius. Pendekatan itu menuntut adanya keterkaitan antara tujuan dan sasaran program studi yang dikembangkan dengan berdasarkan pada pertimbangan terhadap kebutuhan masyarakat saat ini, dan masa mendatang.

Berkembangnya sistem dan regulasi pendidikan pada  Pendidikan Tinggi, menuntut STIE PENA untuk melakukan penyesuaian dan pengembangan dalam pengelolaan dan penyelenggaraan program-program pendidikannya, khusus berkenaan dengan keahlian sarjana manajemen maupun sarjana akuntansi dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 serta revolusi social 5.0.

Bahwa deskriptor umum untuk penjenjangan kemampuan lulusan pendidikan di Indonesia sudah terpetakan sejalan dengan terbitnya Peraturan Presiden Nomor  8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Undang-Udang Republik Indonesia nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Permendikbud Republik Indonesia nomor 73 tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Pendidikan Tinggi. Permenristekdikti Republik Indonesia nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Kurikulum STIE PENA tahun 2021.

INTEGRASIKAN & IMPLEMENTASIKAN MAHASISWA DALAM PRAKTIK DI DUNIA USAHA/INDUSTRI

Mengingat akan pentingnya hal tersebut di atas, maka  STIE PENA melakukan pengembangan kurikulum, pemetaan capaian pembelajaran lulusannya dengan terjun langsung di DU/DI dalam program Kuliah Kerja Lapangan (KKL), dengan harapan mahasiswa dapat mengamati untuk menyimpulkan secara teknis dan sistematis, sehingga nantinya sebagai tambahan bekal pengalaman ketika bekerja, berwirausaha maupun dalam pengabdian kepada masyarakat.

kuliah kerja lapangan pt. marimasKKL STIE PENA 2021 dilaksanakan pada hari Rabu, 1 Desember 2021, dengan mengunjungi PT. Marimas Putera Kencana (MARIFOOD), perusahaan yang bergerak dalam bidang industri manufaktur makanan dan minuman (A Food and Beverage Company), berlokasi di Kawasan Industri Candi (KIC) Gatot Subroto, Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Pagi itu tepat pukul 08.00 WIB tim dari STIE PENA tiba di lokasi,  dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Mahasiswa peserta KKL diterima dengan baik di ruang Aula MARIFOOD. Kedatangan tim STIE PENA disambut hangat oleh Bapak Lantip Waspodo, selaku HUMAS & CSR PT. Marimas Putera Kencana (MARIFOOD) beserta timnya yang mendampingi hingga akhir kegiatan.

Bapak Mohklas, S.E., M.Si., Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Humas dan Kerjasama STIE PENA, dalam hal ini mewakili Ketua STIE PENA, mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan sekaligus menyampaikan maksud dan tujuan yang diharapkan dalam kunjungan ilmiah ke PT. Marimas Putera Kencana (MARIFOOD).

Kegiatan KKL diharapkan dapat menjadi gerbang atau awal untuk melangkah lebih lanjut mempererat jalinan di antara keduanya. Tidak berhenti pada kunjungan KKL hari itu, ke depan hendaknya berlanjut dengan kerjasama dalam penerimaan peserta magang kerja, pelaksanaan riset dan penelitian ilmiah, bahkan alumni dari STIE PENA dapat menjadi bagian dari seleksi penerimaan karyawan di PT. Marimas Putera Kencana (MARIFOOD).

PENANDATANGANAN MoU ANTARA STIE PELITA NUSANTARA DENGAN PT. MARIMAS PUTRA KENCANA

kuliah kerja lapangan pt. marimasRelevan dengan maksud dan tujuan kunjungan kali ini, pada saat yang sama bertempat di ruang Cocorio, dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara STIE PENA dengan PT. Marimas Putera Kencana (MARIFOOD). Penandatanganan dilakukan oleh Dr. Luhgiatno, S.E., M.M., M.Si., selaku Ketua STIE PENA, dan Ibu Theresia Widowati, selaku Manajer HRD PT. Marimas Putera Kencana (MARIFOOD). Penandatanganan MoU tersebut juga dihadiri dan disaksikan oleh Ibu Hj. Widaryanti, S.E., M.Si., CA, Wakil Ketua I Bidang Akademik, dan Ibu Rudika Harminingtyas, S.E., M.M., selaku Kaprodi Manajemen yang dalam hal ini bertindak selaku Ketua Umum Panitia kegiatan KKL tahun 2021.

Peserta KKL diantarkan ke pabrik proses produksi, hal ini bertujuan agar Mahsiswa lebih mengetahui akan sebuah proses produksi pada produk-produk di PT. Marimas Putera Kencana, harapannya menjadi tambahan pengetahuan riil bagaimana proses produksi yang tersistematis. Usai kunjungan ke pabrik, tim KKL kembali dipersilakan ke Aula MARIFOOD, dan dilanjutkan sesi tanya jawab mulai dari proses pembelian bahan baku, produksi, rekruitmen Sumber Daya Manusia (SDM), sistem pemasaran, dan lain sebagainya guna lebih memberikan referensi bagi Mahasiswa peserta KKL dalam mengembangkan ilmunya dan proses pembuatan laporan portofolio kegiatan tersebut. Kegiatan diakhiri dengan pemberian cinderamata kepada STIE PENA. Terima kasih MARIFOOD. Sukses untuk kita semua.

Semarang, 01-12-2021
Humas STIE Pelita Nusantara

Written by : Atik-Mohklas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More To Explore

Seputar Kampus

TEMU ALUMNI dan HALAL BI HALAL TAHUN 2022

Sebagai insan yang beriman seluruh civitas akademika STIE PENA  menyelenggarakan hajatan hahal bi halal setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa ramadhan dan melaksanakan sholat

Seputar Kampus

PELATIHAN & UJIAN BREVET PAJAK A & B TAHUN 2022

MoU STIE PELITA NUSANTARA dengan TAX TRAINING CENTER (TTC) PELATIHAN & UJIAN BREVET PAJAK A & B BAGI MAHASISWA  STIE PELITA NUSANTARA TAHUN 2022  “Masa Depan