WISUDA KE 7

WISUDA KE 7

STIE PELITA NUSANTARA SEMARANG

Hotel Pandanaran: 26 November 2014

STIE Pelita Nusantara Semarang menyelenggarakan Wisuda ke 7 tanggal 26 November 2014 dengan jumlah 80  wisudawan/wati.  Terdiri dari 53 lulusan Prodi Managemen dan 27 lulusan Prodi Akuntansi. Acara tersebut dihadiri oleh Prof. Dr. DYP Sugiharto, selaku Kopertis Jawa Tengah, Drs. Tunas Dwiharto, SH, MSi, MH selaku Ketua Pembina Yayasan Pelita Nusantara sekaligus Staf Ahli Menpora, perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, serta tamu undangan lainnya.

Prof. DYP Sugiharto, dalam sambutannya menyampaikan,  yang harus dipahami dan dipersiapkan para wisudawan/wisudawati dalam memasuki dunia kerja adalah, pertama, arena kompetisi diluar kampus lebih ketat.  Bukan hanya wilayah Kota Semarang atau Jawa Tengah, tapi Indonesia.  Bahkan mulai Desember 2015 nanti, dengan diberlakukannya kesepakatan MEA, arena persaingannya melebar menjadi kawasan 10 negara ASEAN.  Salah satu implikasi MEA adalah lulusan PT di Indonesia memiliki peluang untuk merebut pasar kerja di 9 negara ASEAN.  Sebaliknya lulusan dari 9 negara tersebut juga memiliki tiket untuk berkompetisi di bursa kerja Indonesia.  Prof. DYP Sugiharto juga menyampaikan, seseorang dituntut memiliki kemampuan hard skill dan soft skillHard skill direpresentasikan dengan kompetensi keilmuan dan IPK, sedangkan soft skill merupakan keterampilan untuk berinteraksi secara efektif.  Hasil survey di 250 perusahaan besar di negara maju dan berkembang, menyimpulkan 3 peringkat utama soft skill yakni (1) integritas: kejujuran dan etika kerja, (2) kemampuan bekerja sama termasuk networking, (3) kemampuan berkomunikasi.    Gabungan kemampuan hard skill dan soft skill seseorang akan menjadi sarana untuk mencapai sukses dalam kompetisi di dunia kerja.    Selamat bertugas para wisudawan/wati.  Selamat mengabdi pada bangsa dan negara.

Bagikan...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Lainnya

Seputar Kampus

Webinar “Penetapan SAK EP bagi Koperasi”

Seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan globalisasi, Indonesia sebagai negara yang turut andil dalam percaturan ekonomi dunia perlu untuk senantiasa mengikuti standar akuntansi yang berlaku