Webinar Pengukuran Produktivitas Level Makro, Mikro dan Individu

Produktivitas menjadi hal yang seringkali diperbincangkan, bahkan menjadi parameter pertumbuhan perekonomian di suatu daerah, baik secara regional maupun nasional. Namun sebenarnya, apakah produktivitas itu?

Produktivitas ini secara sederhana dapat dijelaskan sebagaimana berikut: perusahaan/organisasi yang memiliki produk berupa barang/jasa, lalu produk itu ada untuk menjawab demand (kebutuhan) masyarakat/pelanggan, dan di sisi lain pelanggan tersebut mampu membayar untuk memperoleh produk yang diinginkan. Masih merujuk pada Basic Concept of Productivity APO, pengertian produktivitas dapat dibagi menjadi 3 (tiga) hal. Pertama adalah produktivitas sebagai sebuah konsep sosial. Secara konsep sosial, produktivitas adalah sebuah pola pikir yang senantiasa menginginkan perbaikan karena diyakini bahwa seseorang dapat melakukan suatu hal lebih baik daripada hari kemarin dan esok hari ia akan mampu melakukan hal yang lebih baik daripada apa yang dilakukannya hari ini. Konsep kedua dalam pengertian produktivitas adalah secara teknikal, yaitu bahwa produktivitas merupakan perbandingan/rasio antara output dan input.

Secara teknikal produktivitas dapat diukur, yang biasa disebut sebagai pengukuran produktivitas (productivity measurement). Pengukuran produktivitas sendiri terbagi menjadi 2 (dua), yaitu pengukuran produktivitas makro yang meliputi: nasional, regional, dan sektoral; serta pengukuran produktivitas mikro yang meliputi perusahaan dan individu. Mengetahui tingkat produktivitas dapat menjadi tolak ukur perkembangan ekonomi di suatu negara/daerah/sektor/perusahaan sehingga dapat menjadi dasar penyusunan strategi-strategi perbaikan ke depannya. Untuk tingkat perusahaan, yang menjadi output bisa berupa omzet dengan input parsial yang sama dengan pengukuran produktivitas makro.

Untuk itu agar mahasiswa STIE Pelita Nusantara Semarang  maupun mahasiswa dari perguruan tinggi lain memahami lebih banyak tentang konsep dan penerapan tentang pengukuran produktivitas level makro, mikro dan individu, kami telah mengadakan webinar pada hari sabtu, 5 agustus 2023 dengan narasumber yang ahli di bidangnya Bapak Edy Susanto, SE, SH, M.Si, Ak, CA, ACPA, CNHRP, CPHRM, C.PS, CTLC, CETP. Beliau merupakan Pimpinan KJA, Dosen Akutansi, Trainier Keuangan, Perpajakan, Akuntansi dan Produktivitas.  Webinar ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian acara Dies Natalis ke-23 STIE Pelita Nusantara Semarang. Semoga kegiatan webinar ini bermanfaat bagi semuanya.

 

Semarang, 5 Agustus 2023

Humas STIE PENA

Bagikan...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Lainnya

Seputar Kampus

Webinar “Penetapan SAK EP bagi Koperasi”

Seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan globalisasi, Indonesia sebagai negara yang turut andil dalam percaturan ekonomi dunia perlu untuk senantiasa mengikuti standar akuntansi yang berlaku