Kuliah Umum “Career Preparation”

                      Beberapa tujuan setelah lulus kuliah yang dapat direncanakan antara lain yang pertama, melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, atau memilih kursus singkat untuk meningkatkan keterampilan. Kedua, merencanakan untuk bekerja. Ketiga, menjadi pengusaha atau entrepreneur. Ini juga membutuhkan perencanaan yang cukup matang karena menjadi seorang pebisnis juga perlu proses sejak awal. Keempat, menjadi seorang freelancer. Profesi ini makin banyak diminati karena adanya fleksibilitas saat bekerja. Kelima, ada juga yang memilih segera menikah dengan tujuan mewujudkan keluarga sakinah mawadah warohmah. Yang terakhir, apabila merasa jenuh tmaka pilihannya adalah doing nothing atau istirahat sejenak dari segala aktivitas yang berhubungan dengan pendidikan atau pekerjaan.

                   Namun, yang paling penting dari semuanya, harus mengenal diri sendiri terlebih dahulu. Apa pun tujuan atau pekerjaan yang ingin dilakukan atau passion yang ingin dijalankan harus  membuat perencanaan masa depan. Karena untuk fresh graduate yang belum berpengalaman dunia kerja harus memiliki tanggung jawab yang besar.  Melamar pekerjaan pasti jadi proses selanjutnya yang harus dilalui. Pada tahap ini kita akan menghadapi kemungkinan ditolak atau diterima di perusahaan yang kita impikan. Meski sudah lulus dan dibekali ilmu pendidikan, nyatanya hal itu tidak cukup untuk membuat menarik perusahaan di luar sana untuk merekrut kita.

                       Untuk menjawab tantangan tersebut maka 6 perguruan tinggi salah satunya STIE Pelita Nusantara bekerjasama mengadakan kuliah umum dengan tema “Career Preparation” yang diadakan pada tanggal 7 Maret 2023. Tujuannya agar mahasiswa mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja yang sebenarnya. Ada beberapa hal yang penting juga yang harus disiapkan sebelum melamar pekerjaan, yaitu :

  • Membuat CV yang menarik
  • Mencari lowongan kerja sesuai skill
  • Melamar lowongan kerja melalui banyak platform
  • Menyiapkan kontak yang bisa dihubungi
  • Menyiapkan networking
  • Meningkatkan kemampuan
  • Melakukan latihan interview

 

Tips dan trik agar lolos interview adalah Mental dan Kesiapan, Kompetensi, Karakter, Attitude, Grooming, Komunikasi, Pengalaman, Etika Kerja dan Motivasi, Pengambilan Keputusan, serta Inisiatif.

“Take a Decision and Start Fighting!”

 

Semarang, 7 Maret 2023

Humas STIE PENA

Bagikan...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Lainnya

Seputar Kampus

Webinar “Penetapan SAK EP bagi Koperasi”

Seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan globalisasi, Indonesia sebagai negara yang turut andil dalam percaturan ekonomi dunia perlu untuk senantiasa mengikuti standar akuntansi yang berlaku