Kuliah Umum “Profesional yang Beradab” di STIE Pelita Nusantara Semarang

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pelita Nusantara Semarang menggelar kuliah umum dengan tema “Profesional yang Beradab” pada tanggal 31 Mei 2023. Kuliah umum ini menghadirkan narasumber Ibu Dr. Ernest Septyanti, SE, M.Si, yang merupakan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XIII.

Acara ini dihadiri oleh 104 mahasiswa, 14 dosen, dan beberapa tamu undangan dari instansi terkait. Tujuan dari kuliah umum ini adalah untuk memberikan wawasan dan motivasi kepada para mahasiswa tentang bagaimana menjadi profesional yang tidak hanya memiliki kompetensi, tetapi juga etika dan moral yang baik.

Dalam paparannya, Ibu Ernest Septyanti menyampaikan bahwa profesional adalah orang yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang sesuai dengan standar profesi yang dijalankannya. Profesional juga harus mampu beradaptasi dengan perubahan dan tantangan yang ada di lingkungan kerja.

Namun, menjadi profesional tidak cukup hanya dengan menguasai aspek teknis saja. Profesional juga harus memiliki nilai-nilai keadaban, seperti jujur, bertanggung jawab, hormat, sopan, santun, dan peduli. Nilai-nilai ini akan membentuk karakter dan integritas seorang profesional.

“Mari kita rayakan teknologi, kita hormati ilmu pengetahuan, kita dukung semua bentuk kemajuan, tetapi semua harus demi mengangkat derajat manusia. Etika ada karena kita adalah manusia,” ujar Ibu Ernest Septyanti.

Ia juga memberikan beberapa tips untuk menjadi profesional yang beradab, antara lain:

*Menjaga komunikasi yang baik dengan semua pihak
*Menghargai perbedaan pendapat dan budaya
*Menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi
*Menyempurnakan diri secara terus-menerus
*Memberikan kontribusi positif bagi masyarakat
   

Acara kuliah umum ini berlangsung selama dua jam, dari pukul 09.00 hingga 11.00 WIB. Acara ini ditutup dengan sesi tanya jawab dan pemberian sertifikat kepada narasumber.Kuliah umum ini merupakan salah satu bentuk kegiatan akademik yang rutin diselenggarakan oleh STIE Pelita Nusantara Semarang untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan diri para mahasiswa.

Bagikan...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Lainnya

Seputar Kampus

Webinar “Penetapan SAK EP bagi Koperasi”

Seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan globalisasi, Indonesia sebagai negara yang turut andil dalam percaturan ekonomi dunia perlu untuk senantiasa mengikuti standar akuntansi yang berlaku