LOLOS 3 PROPOSAL P2MW 2022

STIE PELITA NUSANTARA LOLOS 3 PROPOSAL PROGRAM PEMBINAAN MAHASISWA WIRAUSAHA (P2MW) TAHUN 2022

Mencetak generasi muda (Mahasiswa) sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten menjadi wirausahawan merupakan salah satu tujuan STIE PENA Semarang. Hal yang dilakukan dengan mendorong mahasiswa untuk belajar dan berlatih tentang bagaimana mengelola minat, bakat, kreativitas, dan inovasi yang dimilikinya dalam bentuk berwirausaha. STIE PENA mendorong para mahasiswa untuk ikut berkompetisi dalam Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi melalui Direktoral Pembelajaran dan Kemahasiswaan (BELMAWA). Mahasiswa terpilih, dikelompokkan untuk dibimbing menyusun proposal kegiatan P2MW ini. Proposal yang diajukan berjudul:

  1. Fermentasi Jamur Lingzhi;
  2. KRIBAS Kripik Banana Sultan Varian Rasa Comel Choco Melted;
  3. Optimalisasi Limbah Kayu Menjadi Produk Unik;
  4. Cegah Hama Tikus dengan Burung Hantu di Desa Tlogoweru Kecamatan Guntur Kabupaten Demak;
  5. Unique Tailor jadikan Jahit sebagai Media Pemutus Rasa Putus Asa bagi Penyandang Disabilitas;
  6. Pembuatan Mukena dari Kain Perca.

Rasa syukur Alhamdulillah ada tiga proposal yang lolos dibiayai oleh BELMAWA, yaitu;  a) Unique Tailor jadikan Jahit sebagai Media Pemutus Rasa Putus Asa bagi Penyandang Disabilitas, b) KRIBAS Kripik Banana Sultan Varian Rasa Comel Choco Melted, dan c) Cegah Hama Tikus dengan Burung Hantu di Desa Tlogoweru Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Pelaksanaan program oleh kelompok Mahasiswa yang proposalnya lolos dibimbing Dosen dan Mentornya masing-masing. Salah satu kegiatan dari pelaksanaan program ini adalah dibulan September dan Oktober 2022 telah melaksanakan kegiatan Workshop dan Seminar Kewirausahaan yang bekerjasama dengan mitra binaan di daerahnya masing-masing. Daerah yang dimaksud adalah di Kabupaten Demak dan Kabupaten Grobogan.

Kegiatan Seminar Kewirausahaan dilaksanakan pada hari Rabu 05 Oktober 2022 bertempat di Aula STIE Pelita Nusantara dengan peserta Mahasiswa, Dosen STIE Pelita Nusantara dan Siswa-Siswi SMK Pelita Nusantara 1 dan 2, yang menghadirkan narasumber dari Dosen Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro Semarang, yaitu; Ibu Maya Aresteria, SE., M.Si., Ak., CA., ACPA., QRMO., CTT.
Hadir dalam kesempatan ini Ketua STIE Pelita Nusantara (Dr. Luhgiatno, SE., MM., M.Si) memberikan arahanya berikut: Negara Indonesia memiliki potensi untuk menjadi negara maju dengan tingkat ekonomi yang kuat. Dalam mencapai hal tersebut langkah yang harus kita tempuh adalah dengan mengusahakan peningkatan rasio jumlah wirausaha minimum sebesar 4% dari jumlah penduduk, namun sampai dengan saat ini rasio jumlah wirausaha di Indonesia masih di jumlah 3.75%.
Oleh karena itu para Mahasiswa khususnya dan seluruh Warga Negara Indonesia, hendaknya mengambil peran untuk peningkatan rasio tersebut. Bagi adik-adik Mahasiswa yang lolos P2MW ini agar terus bertumbuhkembang, jangan hanya berhenti sampai disini, namun terus melanjutkan usaha yang sudah ditekuni ini agar berkembang.

Sementara itu paparan dari narasumber Ibu Maya Aresteria, SE., M.Si., Ak., CA., ACPA., QRMO., CTT. Dosen Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro, Beliau memberikan pesan; “Perguruan Tinggi Diharapkan Mencetak Lulusan Berjiwa Entrepreneur Handal dan Berbasis Ilmu Pengetahuan yang Pada Akhirnya Meningkatkan Ekonomi Bangsa”. Strategi sukses berwirausaha diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pembentukan Pola Pikir Berwirausaha (Mindset);
  • Mempersiapkan Diri menjadi Wirausaha Muda;
  • Perhatikan Tahapan proses Kewirausahaan;
  • Perhatikan Faktor Pendorong Internal dan Eksternal Kewirausahaan;
  • Menganalisis Peluang Usaha;
  • Perhatikan Permasalahan dalam Berwirausaha;
  • Business Success => (Mindset => Action => Success).

Dokumenstasi

Humas STIE PENA (Sabtu,16/10/22)

Bagikan...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Lainnya

Seputar Kampus

Workshop Pelatihan Accurate Aplication

Dalam dunia usaha dan industri (DU/DI) yang semakin berkembang, manajemen harus mempertimbangkan cara agar bisnis mereka dapat bertahan. Ini berarti bahwa perusahaan harus dapat menunjukkan