MONEV P2MW STIE PENA Tahun 2022

MONEV P2MW STIE PENA

Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) STIE Pelita Nusantara (STIE PENA) Tahun 2022

Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) merupakan program pengembangan usaha yang dimiliki mahasiswa dengan dukungan dana pengembangan dan pembinaan melalui pendampingan serta pelatihan (coaching). Berpedoman pada syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Direktur Pembelajaran dan Kemahasiwaan), STIE Pelita Nusantara mengajukan enam proposal dengan kategori usaha yang berbeda (makanan dan minuman, produksi atau budidaya, Industri Kreatif, Seni, Budaya, dan Pariwisata). Pengajuan proposal ke Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) ini pada bulan Juni 2022 dengan judul:

  • Fermentasi Jamur Lingzhi;
  • KRIBAS Kripik Banana Sultan Varian Rasa Comel (Choco Melted);
  • Optimalisasi Limbah Kayu Menjadi Produk Unik;
  • Cegah Hama Tikus Dengan Burung Hantu di Desa Tlogoweru Kecamatan Guntur Kabupaten Demak;
  • Unique Tailor Jadikan Jahit Sebagai Media Pemutus Rasa Putus Asa Bagi Penyandang Disabilitas;
  • Pembuatan Mukenah dari Kain Perca.

Tiga proposal lolos di danai oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) dari enam proposal yang diusulkan, yaitu:

  • Unique Tailor Jadikan Jahit Sebagai Media Pemutus Rasa Putus Asa Bagi Penyandang Disabilitas,
  • KRIBAS Kripik Banana Sultan Varian Rasa Comel (Choco Melted), dan
  • Cegah Hama Tikus Dengan Burung Hantu di Desa Tlogoweru Kecamatan Guntur Kabupaten Demak.

Selanjutnya Mahasiswa pengusul melaksanakan programnya dengan didampingi Dosen pembimbing, dan Mentor. Pada bulan September dan Oktober 2022, melaksanakan berbagai kegiatan seperti; Workshop, Seminar Kewirausahaan, anjangsana/bekerjasama kepada mitra.
MONEV P2MW STIE PENAUntuk menilai efektivitas pelaksanaan program, dilaksankan monitoring dan evaluasi (MONEV) Internal pada hari Rabu 26 Oktober 2022 oleh para mentor internal Perguruan Tinggi, yaitu; (Mohklas, SE., M.Si, Yuliati, SE., MM, Sulikah, SE., MM, dan Siti Sudarmi, SE) bertempat di Aula STIE PENA Gedung A Ruang A-201.
Kegiatan Monev ini dihadiri oleh Ketua STIE Pelita Nusantara (Dr. Luhgiatno, SE., MM., M.Si), Mentor, Dosen, Tendik, Mahasiswa pelaksana P2MW. Acara dimulai pukul 09.00-11.45 WIB, diawali pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, doa, sambutan-sambutan, dan arahan/motivasi kewirausahaan.
Mohklas, SE., M.Si selaku pengelola dan mentor menuturkan kepada para Mahasiswa peserta P2MW, bahwa monev itu bukan sebuah hal yang menakutkan, akan tetapi anggaplah ini sesuatu proses yang harus dijalini dari bagian program/proyek. Untuk itu tetaplah semangat, fokus, kerjakan kegiatan ini sesuai petunjuk yang sudah ditetapkan.
Sementara itu Bapak Dr. Luhgiatno, SE., MM., M.Si (Ketua STIE Pelita Nusantara) selaku penaggungjawab program, beliau menyampaikan arahannya: “Adik-adik Mahasiswa hendaknya sangat bersyukur, karena proposal Kalian lolos dalam berkompetisi dengan Mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi lainnya. Terus semangat, jujuran dalam perkataan dan perbuatan, tetap semangat dalam berkarya nyata, dan selalu mencari ide-ide baru yang unik. Selesaikan P2MW dengan baik, tindaklanjuti masuk dalam dunia bisnis yang sebenarnya, perhatikan dan ikuti perkembangan program ini, termasuk adanya agenda Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia Expo (KMI-Expo) XIII 2022. Rencana pelaksanaan KMI-Expo XIII 2022 ini di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPNVJT) Surabaya. Agenda EXPO telah disosialisasikan pada hari Jum’at, 28 Oktober 2022 via Zoom Meeting oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiwaan. Selanjutnya beliau menyampaikan sebagai reward atas prestasi kalian semua, kami akan memberikan sertifikat penghargaan khusus kepada Mahasiswa yang bersangkutan. Semoaga bermanfaat nantinya ketika Kalian terjun di masyarakat.” Begitu tandas Ketua STIE PENA.
MONEV P2MW STIE PENASalah satu mentor dari program ini, Ibu Sulikah, SE., MM (Praktisi sekaligus Pimpinan LPK BELA Karangawen Kabupaten Demak) memonitor mengevaluasi, dan juga motivasi bagaimana menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan. Beliau juga menyampaikan secara umum, prosedur dan kepatuhan akan pelaporan perkembangan proposal P2MW ini sudah cukup bagus.
Namun Kalian semua jangan hanya puas sampai disini, akan tetapi harus Kalian kembangkan menjadi pengusaha yang sukses. Diantara kiat-kiat sukses yang harus Kalian pegang teguh dalam berbisnis diantarnya adalah; a) Berani memerangi diri kita sendiri (berani mencoba/action), b) Jangan takut gagal/tidak mengenal istilah putus asa, c) Ada ide-ide kreatif, d) Perhitungan yang cermat, dan e) Mampu membaca peluang. Sebagai contoh, satu misal pada baju yang dipakai Saudari Laura (Mahasiswa Akuntansi Semester V), baju tersebut dibuat dari kain perca kemudian didesain sedemikian rupa sehingga mempunyai nilai jual yang tinggi (ide-ide kreatif).

Humas STIE PENA
Rabu, 02 November 2022

Dokumentasi Kegiatan:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More To Explore

Seputar Kampus

Pelatihan & Test Toefl

STIE PENA & International Language Center (ILC) dalam Pelatihan & Test Toefl “Ukir Masa Depanmu, dengan Mahir Berbahasa Inggris” Era globalisasi menuntut semua komponen dalam