Pelatihan & Test Toefl

STIE PENA & International Language Center (ILC) dalam Pelatihan & Test Toefl
“Ukir Masa Depanmu, dengan Mahir Berbahasa Inggris”

Era globalisasi menuntut semua komponen dalam sistem kehidupan untuk siap terkoneksi secara mendunia. Tidak ada batasan yang bisa membatasi/memproteksi di era ini. Dukungan teknologi dan komunikasi semakin mendorong kita untuk masuk dalam era ini. Bahasa sebagai salah satu alat komunikasi juga sangat penting perannya. Tuntutan untuk bisa berkomunikasi dengan memakai bahasa internasional/global versi PBB (Inggris-Perancis-Sepanyol-Cina-Arab-Rusia) menjadi syarat untuk bisa masuk di era ini. Tidak dapat lepas dari permasalahan ini, maka Perguruan Tinggi sebagai agen di dunia pendidikan harus dapat mendorong dan memfasilitasi semua stakeholder nya mampu berkomunikasi dengan bahasa internasional.

Selaras dengan permasalahan globalisasi ini, maka mendorong STIE PENA Semarang untuk menjadikan mahasiswanya kompeten dalam menggunakan bahasa internasional (khususnya bahasa Inggris) sebagai salah satu bahasa untuk alat komunikasinya. Setelah mahasiswa STIE PENA Semarang melalui proses panjangnya belajar dan berlatih berbahasa Inggris ini, tibalah saatnya untuk melakukan ujian/test. Test ini dimaksudkan untuk mengukur kemampuan/kompetensi tiap mahasiswa berkomunikasi dengan bahasa Inggris dalam bentuk Test Toefl. Pelaksana test toefl adalah International Language Center (ILC).

Disisi lain dengan merujuk pada pengaturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Pasal 5 Nomor 81 Tahun 2014 yang menyebutkan bahwa, lulus pendidikan tinggi berhak mendapat ijazah yang merupakan pengakuan atas program pendidikan yang telah diselesaikannya. Ijazah yang diberikan tersebut sekurang-kurangnya dilengkapi dengan transkip akademik dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Perguruan Tinggi (termasuk STIE PENA), harus memfasilitasi mahasiswanya untuk dapat memperoleh SKPI tersebut. Karena pentingnya SKPI ini, maka pada hari Sabtu-Minggu, 19-20 November 2022, STIE Pelita Nusantara (STIE PENA) menyelenggarakan pelatihan dan test toefl (untuk memperoleh sertifikat Toefl), yang bertempat di Aula dan Lab. Bahasa STIE PENA. Hadir dalam agenda tersebut Bapak Dr. Luhgiatno, SE., MM., M.Si., selaku Ketua STIE PENA, didampingi Wakil Ketua II Ibu Yuliati, SE., MM, Wakil Ketua III Bapak Mohklas, SE., M.Si, dan Ketua Program Studi Manajemen Ibu Rudika Harminingtyas, SE., MM, Ketua Program Studi Akuntansi Bapak Daniel Kartika Adhi, SE., M.Si. Narasumber dalam kesempatan pelatihan ini adalah beliau Bapak Prof. Dr. Rudi Hartono, S.S., M.Pd Guru Besar Linguistik Penerjemah UNNES, juga Bapak Andrianto, S.Ip., selaku general manajer ILC.

Ketua STIE PENA Bapak Dr. Luhgiatno, S.E., M.M., M.Si., menyampaikan ucapan terimakasih yang mendalam kepada Narasumber juga general manajer ILC yang telah berkenan hadir dan bersedia untuk selalu kerjasama dengan kami. Beliau menambahkan harapannya kepada para Mahasiswa peserta dalam pelatihan ini, yaitu; akan pentingnya kompetensi bagi mahasiswa dalam menjawab regulasi Pemerintah (Permendikbud), maka kalian semua harus sungguh-sungguh dalam proses studi, termasuk aktif dalam mengikuti kegiatan-kegiatan akademik maupun non akademik, tujuannya apa? Agar Kalian semua nanti ketika terjun di masyarakat baik berprofesi sebagai wirausahawan, maupun pegawai sudah siap dengan berbagai ilmu pengetahuan, dan keterampilan yang memadai. Sementara itu general manajer ILC, Bapak Andrianto, S.Ip menyambut dengan senang hati akan adanya kerjasama ini dan terima kasih. Semoga kerjasama ini bisa saling memberikan kontribusi riil, memberikan manfaat kepada institusi, juga mahasiswa untuk perkembangan kedepannya.

Humas STIE PENA: Senin, 21 November 2022

 

Dokumen Kegiatan:

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More To Explore

Seputar Kampus

Pelatihan & Test Toefl

STIE PENA & International Language Center (ILC) dalam Pelatihan & Test Toefl “Ukir Masa Depanmu, dengan Mahir Berbahasa Inggris” Era globalisasi menuntut semua komponen dalam