PKKMB 2021 STIE PENA

Semarang, Sabtu 4 September 2021

Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2021 STIE PENA (STIE PELITA NUSANTARA) SEMARANG, sukses diselengarakan pada hari Sabtu, 4 September 2021, di Ruang Aula Gedung A Kampus STIE PENA. Kegiatan dilaksanakan 1 (satu) hari secara blended (offline & online), diikuti oleh seluruh civitas akademika baik dari unsur dosen, tenaga kependidikan, dan para mahasiswa baru sebagai peserta PKKMB, serta BEM STIE PENA yang membantu pelaksanaan kegiatan di lapangan dengan taat pada Prokes.

Kegiatan PKKMB merupakan wahana bagi STIE PENA Semarang untuk memperkenalkan dan mempersiapkan para mahasiswa barunya dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan tinggi di STIE PENA. Program ini dilaksanakan sesuai panduan serta materi PKKMB 2021 yang dikeluarkan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), sebagai pedoman pelaksanaan PKKMB 2021. Dengan mengangkat tema: “Utamakan Pendidikan & Karakter Mahasiswa, Implementasikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)”, program PKKMB 2021 ini dapat mengubah paradigma mahasiswa baru dari “belajar di perguruan tinggi” menjadi “kuliah untuk belajar”. Belajar berkarya atau bekerja di berbagai bidang, serta bermanfaat dan berkontribusi bagi masyarakat. Berbekal materi-materi yang disampaikan, diharapkan mahasiswa kelak akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global.

Acara juga berlangsung secara online (melalui media zoom meeting), dan live streaming yang dapat disaksikan melalui youtube. Upacara Pembukaan PKKMB 2021 dimulai pukul 08.00 WIB, diawali dengan bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian Mars dan Hymne STIE PENA, dengan penuh khitmat dan bersemangat.

Ucapan selamat datang dan terima kasih disampaikan Ketua STIE PENA Bapak Dr. Luhgiatno, S.E., M.M., M.Si., selaku penanggung jawab pelaksanaan kegiatan. Dalam arahannya, beliau menekankan kepada para peserta untuk mengubah mindset bahwa cara pandang, berpikir dan berperilaku mahasiswa berbeda dengan siswa SMA/SMK/MA.

Mahasiswa dipersiapkan untuk menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan dan jiwa nasionalisme yang tinggi. Searah dengan kebijakan MBKM yang dicanangkan pemerintah (Kemendikbudristek), kampus akan memberikan ruang yang lebih luas bagi mahasiswa dalam menuntut ilmu dan pengetahuan, mengembangkan jiwa kewirausahaan serta mempertajam kepekaan mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat. Dengan melaksanakan program MBKM ini, STIE PENA diharapkan dapat lebih berwarna dan bermakna, mencetak talenta-talenta yang lahir sebagai “PELITA” di masa depan. Mengakhiri sambutannya, kepada para mahasiswa baru, Dr. Luhgiatno tak lupa memperkenalkan jajaran tenaga pendidik (dosen) STIE PENA.

Pembukaan PKKMB 2021 sekaligus sebagai Acara penutupan kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru STIE PENA 2021/2022, secara resmi dilakukan oleh Ketua STIE PENA, ditandai dengan mengenakan jas almamater kepada 2 orang perwakilan mahasiswa baru. Acara Pembukaan ditutup dengan doa bersama, dipimpin Bapak Mohklas, S.E., M.Si.

Memasuki acara inti, kegiatan PKKMB 2021 STIE PENA, sesi pertama disampaikan materi pengenalan kampus (profile, sarana prasarana, struktur organisasi serta sekilas kegiatan kemahasiswaan) oleh Wakil Ketua II Bidang Sarana Prasarana & Keuangan Ibu Yuliati, S.E., M.M. Pada bagian ini, ditayangkan pula video/rekaman Sambutan dari Kemendikbudristek bagi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022. Intinya Mas Menteri Nadiem Makariem menegaskan bahwa dengan mengimplementasikan program MBKM di perguruan tinggi, akan menjadikan mahasiswa memiliki kemerdekaan belajar dalam menuntut ilmu yang lebih luas.

Berikutnya dari Wakil Ketua I Bidang Kurikulum Ibu Hj. Widaryanti, S.E., M.Si., CA. menyampaikan penjelasan umum terkait Kurikulum MBKM yang diselenggarakan di STIE PENA. Lebih lanjut Ibu Widaryanti juga memberikan penjelasan seputar akreditasi sebagai bentuk pengakuan pemerintah terhadap kualitas institusi maupun program studi kepada suatu lembaga pendidikan.

PKKMB 2021 STIE PENAUntuk melengkapi paparan mengenai kurikulum, penjelasan mengenai materi pembelajaran selanjutnya secara berturut-turut disampaikan oleh Kaprodi Manajemen (Ibu Rudika Harminingtyas, S.E., M.M.) dan Kaprodi Akuntansi (Ibu Nurul Latifah Pancawardhani, S.E., M.M., M.Si.). Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Bapak Mohklas, S.E., M.Si., turut memberikan pembekalan dan memperkenalkan berbagai kegiatan kemahasiswaan di STIE PENA. “Tak kenal maka tak sayang” begitu kata beliau membuka paparannya. Maka, di dalam suatu komunitas, yang dalam hal ini kehidupan kampus, perlu interaksi, komunikasi secara aktif dan intensif sebagai bentuk pengembangan pembelajaran di Perguruan Tinggi. Bidang kemahasiswaan dan Humas/Kerjasama STIE PENA diantaranya memiliki tanggungjawab dalam melebarkan dan mempererat kerjasama dengan instansi terkait dan stakeholder Perguruan Tinggi, mengembangkan pembinaan mental dan spiritual serta jiwa kebangsaan; pengembangan minat, bakat, penalaran dan kreatifitas mahasiswa dan organisasi kemahasiswaan; serta pemberdayaan alumni dan upaya penyelarasan/pengembangan karir para lulusan.

Selain itu, kesempatan berbicara juga diberikan kepada unsur pelaksana akademik yaitu Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) yang melaksanakan sebagian tugas pokok dan fungsi di bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, dan juga penanggung jawab Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sebagai kegiatan sistemik penjaminan mutu Pendidikan Tinggi secara otonom untuk mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan Pendidikan Tinggi secara berencana dan berkelanjutan.

Pada PKKMB 2021 ini, sebagaimana sambutan dari Kemendikbudristek, pembekalan materi bagi mahasiswa baru juga diberikan dalam bentuk tayangan rekaman/video dari para narasumber atau pemateri. Video yang ditayangkan adalah mengenai “bahaya terorisme” (sumber dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme), kemudian tentang “bela negara” (sumber dari Direktur Bela Negara Direktorat Jenderal Potensi Keamanan (Dirjen Pothan) Kementerian Pertahanan (Kemhan); serta video “etika bersosial media” (sumber: Kementrian Komunikasi dan Informasi). Muatan materi yang disampaikan sesuai panduan dari Dirjen Dikti, harapannya agar dapat menyiapkan para calon pemimpin masa depan bangsa ini selain memiliki kemampuan akademik yang tangguh (hardskills) juga terkembangkan aspek keterampilan kemanusiannya atau perilaku personal dan antar personalnya (softskills), serta keterampilan kepemimpinannya (leadership skill).

Dan sebagai selingan, untuk mencairkan acara agar kegiatan sehari tersebut tidak membosankan, sekaligus sebagai sarana interaksi antar mahasiswa, BEM STIE PENA turut memberikan kuis ringan dengan hadiah yang menarik kepada peserta PKKMB, di sela-sela acara penyampaian materi.

Written by : Atik (Humas STIE PENA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More To Explore

Seputar Kampus

VAKSINASI CIVITAS AKADEMIKA STIE PENA

STIE PELITA NUSANTARA (STIE PENA)  GANDENG DKK SEMARANG, DALAM PROGRAM LAYANAN VAKSINASI COVID-19 BAGI MAHASISWA   Program Layanan Vaksinasi Covid-19 masih terus dijalankan di Kota

Seputar Kampus

PKKMB 2021 STIE PENA

Semarang, Sabtu 4 September 2021 Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2021 STIE PENA (STIE PELITA NUSANTARA) SEMARANG, sukses diselengarakan pada hari Sabtu,