PKKMB 2022 STIE Pelita Nusantara

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru atau juga disebut PKKMB di STIE Pelita Nusantara dilaksanakan pada tanggal 30 sampai dengan 3 Oktober 2022. PKKMB merupakan sarana bagi Pemimpin sebuah perguruan tinggi untuk memperkenalkan calon mahasiswa dengan lingkungan baru dan memberikan bekal untuk mencapai keberhasilan calon mahasiwa dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Pelaksanaan PKKMB dapat menjadi media untuk melakukan “Gerakan Nasional Revolusi Mental” sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2016 yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu.

Dalam kegiatan PKKMB, STIE Pelita Nusantara mengenalkan lebih awal kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) kepada mahasiswa baru. Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tehnologi yang bertujuan mendorong mahasiswa untu menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja.

Kegiatan PKKMB ini dapat dijadikan titik tolak pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air, dan kepedulian terhadap lingkungan, juga dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter, religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan berintegritas. Disamping itu, mahasiwa baru diberikan bekal dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi, sehingga kelulusannya kelak mempunyai ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global.

Bagi mahasiswa baru, kegiatan PPKMB menjadi sarana untuk mendapatkan informasi mengenai sistem pendidikan yang ada di perguruan tinggi baik bidang akademik maupun non akademik. PKKMB dapat menjadi penyadaran bagi mahasiswa baru mengenai hal-hal yang dapat menghambat studi mahasiswa dan pencapaian tujuan nasional yang sudah dicanangkan oleh pemerintah  seperti radikalisme, terorisme, penyalahgunaan narkoba, kekerasan seksual, perundungan, plagiarisme dan korupsi. Kegiatan yang berlangsung selama 2 (dua) hari memberikan materi:

  1. Kehidupan Berbangsa dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara;
  2. Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia Kurikulum MBKM;
  3. Perguruan Tinggi di Era Evolusi Industry 4.0 dan Kehidupan Kampus di Masa Pandemi;
  4. Kesadaran Lingkungan Hidup, Manajemen Risiko dan Kampus Sehat;
  5. Pengembangan Karakter Mahasiswa sebagai Intelektual Anti Kekerasan/Perundungan dan Anti Korupsi;
  6. Pengenalan Organisasi Kemahasiswaan dan Kegiatan Mahasiswa.

Dokumentasi Kegiatan

Bagikan...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Lainnya

Seputar Kampus

Webinar “Penetapan SAK EP bagi Koperasi”

Seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan globalisasi, Indonesia sebagai negara yang turut andil dalam percaturan ekonomi dunia perlu untuk senantiasa mengikuti standar akuntansi yang berlaku