Seminar “Start-Up Smart, Membangun Bisnis Dari Nol”

 

Semarang, 20 Juni 2024 – STIE Pelita Nusantara Semarang menggelar seminar bertajuk “Start-Up Smart, Membangun Bisnis Dari Nol” yang dihadiri oleh mahasiswa STIE Pena. Acara yang berlangsung di Gedung A menghadirkan narasumber inspiratif yaitu Ibu Zhakiah Joban, S.E., M.M., seorang pengusaha sukses dan mentor bisnis ternama. Ibu Zhakiah Joban membagikan pengalaman dan wawasannya tentang memulai bisnis dari nol, strategi menghadapi tantangan, serta tips sukses dalam dunia wirausaha. “Kunci kesuksesan dalam membangun bisnis dari nol adalah konsistensi, kreativitas, dan kemampuan beradaptasi dengan perubahan pasar,” ujar Ibu Zhakiah dalam paparannya.

 

Seminar ini juga didukung oleh lima kelompok usaha yang telah lolos seleksi Program Pemberdayaan Masyarakat Wirausaha (P2MW). Kelima usaha tersebut adalah:

  1. Potato Ball: Menawarkan camilan inovatif berbahan dasar kentang dengan berbagai varian rasa.
  2. Pembuatan Batik Eco Print: Menghadirkan batik ramah lingkungan dengan teknik eco print yang unik.
  3. Nyantap Pukis Ubi Ungu: Menyajikan pukis berbahan dasar ubi ungu dengan beragam pilihan rasa.
  4. Two in One: Budidaya Ikan dan Tanaman Berbasis Sistem Aquaponik: Mengkombinasikan budidaya ikan dan tanaman dalam satu sistem yang efisien.
  5. Harmoni Roti Manis & Latte Ubi Ungu: Menawarkan paduan roti manis dan minuman latte dengan sentuhan ubi ungu.

Para perwakilan kelompok usaha ini berkesempatan untuk memamerkan produk mereka dan berbagi pengalaman dalam memulai usaha. Mereka juga mendapatkan masukan berharga dari Ibu Zhakiah Joban untuk pengembangan bisnis mereka ke depan. “Saya sangat terkesan dengan kreativitas dan semangat wirausaha dari kelima kelompok usaha ini. Mereka membuktikan bahwa dengan ide yang unik dan kerja keras, kita bisa memulai bisnis yang menjanjikan,” komentar Ibu Zhakiah. Ketua  STIE Pelita Nusantara Semarang, Dr. Luhgiatno, S.E., M.M., menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini. “Seminar ini sejalan dengan visi kami untuk melahirkan lulusan yang tidak hanya siap kerja, tetapi juga mampu menciptakan lapangan kerja. Kami berharap para peserta dapat terinspirasi untuk memulai bisnis mereka sendiri,” ujarnya.

Di akhir acara, para peserta berkesempatan untuk berdiskusi langsung dengan Ibu Zhakiah Joban. Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan seputar strategi memulai bisnis, mengatasi tantangan awal, dan tips memasarkan produk di era digital. Seminar “Start-Up Smart, Membangun Bisnis Dari Nol” ini diharapkan dapat menjadi pemantik semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan masyarakat umum. Dengan bekal pengetahuan dan inspirasi dari para narasumber, peserta diharapkan dapat lebih percaya diri dalam memulai dan mengembangkan bisnis mereka sendiri.

 

Semarang, 20 Juni 2024

Humas STIE PENA

Bagikan...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Lainnya

Seputar Kampus

Uji Publik Calon Panitia Seleksi Satgas PPKS

  Dalam upaya menjaga integritas dan transparansi proses seleksi anggota satgas Pusat Pengembangan Karir dan Studi (PPKS), STIE Pelita Nusantara Semarang mengambil langkah penting dengan