STIE PENA ABDIMAS DI KOKAPURA UNIT GROUND HANDLING

STIE PENA ABDIMAS DI KOKAPURA UNIT GROUND HANDLING – BANDARA AHMAD YANI SEMARANG

 Semarang, STIE Pelita Nusantara (STIE PENA), Kamis 10 November 2022, telah menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan ini merupakan implementasi kerja sama STIE PENA dengan Koperasi Karyawan Angkasa Pura (KOKAPURA) Bandara Ahmad Yani Semarang, dalam bidang penyusunan laporan keuangan koperasi dengan program aplikasi excel. Acara dimulai pukul 09.00-15.30 WIB bertempat di Aula Gedung A ruang  201 STIE Pelita Nusantara.

Hadir dalam kesempatan tersebut antara lain, Ketua STIE Pelita Nusantara, Ketua Kokapura, Manajer dan Staff Kokapura, dan peserta pelatihan. Ketua STIE Pelita Nusantara (Bapak Dr. Luhgiatno, SE., MM., M.Si) dalam sambutannya beliau menyampaikan; semakin ke depan Perguruan Tinggi harus lebih intensif dalam menjalin kerjasama dengan dunia usaha/industri (DU/DI), hal ini sebagai tindaklanjut dari implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang harus diperhatikan bersama, program yang dimaksudkan adalah Pengabdian kepada Masyarakat.

Ucapan terimakasih disampaikan kepada Bapak Abdul Malik Mathondang selaku Ketua Kokapura atas kesediaannya dalam kerjasama ini, harapannya jangan hanya sampai disini saja, namun mari kita tumbuhkembangkan bersama, apa-apa yang sekiranya perlu dikerjasamakan, satu misal kegiatan auditing, penyusunan laporan keuangan dengan aplikasi teknologi informasi, akuntansi pajak, pengisian SPT tahunan dan lain sebagainnya.

Sementara itu Ketua Kokapura menyambut baik dengan adanya program ini, karena memang para staff kami terkait dengan penyusunan laporan keuangan koperasi yang disingkronkan dengan akuntansi pajak masih belum memadai atau masih perlu ditingkatkan, maka ucapkan terimakasih pula kepada pihak manajemen STIE Pelita Nusantara, yang telah bersedia membantunya, mohon maaf atas segala kekurangan, dan kami selalu siap untuk terus bekerjasama pelaksanaan  Tridharma Perguruan Tinggi, prioritas dalam kegiatan Pengabdian, Penelitian, dan Magang bagi Mahasiswa.

Dua Dosen dari STIE Pelita Nusantara (STIE PENA) sebagai Narasumber dalam pelatihan ini  (Bapak Mohklas, SE., M.Si dan Bapak Daniel Kartika Adhi, SE., M.Si). Materi pada sesi pertama disampaikan oleh Bapak Mohklas, SE., M.Si membahas tentang Akuntansi Pajak; mulai dari PPh 21, 22, 23, 24, 26, 25, 29 dan PPh 4 (2). Studi kasus dan contoh aplikasi penerapan Ketentuan Umum Perpajakan (KUP) sampai dengan pencatatan transaksi ke jurnal serta mendiskusikan contoh kasus-kasusnya.

Sementara itu pada sesi kedua, Bapak Danil Kartika Adhi, SE., M.Si, meneruskan materi tentang siklus akuntansi dengan aplikasi program excel mulai dari jurnal, posting buku besar sampai dengan penyusunan laporan keuangan koperasi, dengan contoh kasus transaksi yang terjadi di Unit Ground Handling KOKAPURA BANDARA AHMAD YANI SEMARANG.

Kegiatan berakhir pukul 15.30 WIB, dan ditutup oleh Bapak Mohklas, SE., Msi (selaku Wakil Ketua III). Mewakili Ketua STIE PENA, beliau berpesan kepada peserta pelatihan untuk tetap semangat belajar, berlatih/praktik, karena kami melihat dengan terbatasnya waktu sepertinya masih banyak materi yang harus didiskusikan lagi. Peserta dipersilahkan untuk bisa komunikasi dengan kedua narasumber, jika dirasa masih ada yang perlu dikomunikasikan. Akhirnya dengan mengucap Alhamdulillah bersyukur kepada Tuhan YME kegiatan pelatihan berjalan dengan baik, dan secara resmi kami nyatakan ditutup. Mohon maaf dan terima kasih.

 

Written by : HUMAS STIE PENA

Jum’at, 11/11/2022

 

Dokumen Kegiatan:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More To Explore

Seputar Kampus

Pelatihan & Test Toefl

STIE PENA & International Language Center (ILC) dalam Pelatihan & Test Toefl “Ukir Masa Depanmu, dengan Mahir Berbahasa Inggris” Era globalisasi menuntut semua komponen dalam