WORKSHOP AUDIT MUTU INTERNAL PERGURUAN TINGGI

STIE PELITA NUSANTARA (STIE PENA) DALAM KEGIATAN WORKSHOP AUDIT MUTU INTERNAL PERGURUAN TINGGI

“Menyiapkan Auditor Berkualitas & Berkompeten Dalam Mengawal Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi”

Persoalan mutu sudah lama menjadi perhatian bagi Perguruan Tinggi. Upaya peningkatannya harus terus menerus dilakukan. Sejak tanggal 16 Mei 2005 dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah (PP) No.19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP), dan pada pasal (4) PP tersebut dijelaskan bahwa SNP bertujuan menjamin mutu pendidikan nasional. Sejalan dengan itu pemenuhan SNP oleh perguruan tinggi akan berarti jika perguruan tinggi tersebut menjamin mutu pendidikan tinggi yang diselenggarakannya.
WORKSHOP AUDIT MUTU INTERNAL PERGURUAN TINGGILima Tahapan dalam Manajemen SPMI meliputi siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi Pelaksanaan, Pengendalian Pelaksanaan dan Peningkatan Standar Perguruan Tinggi). Di salah satu siklus PPEPP tersebut dilakukan evaluasi dengan cara Audit Mutu Internal (AMI). Audit Mutu Internal (AMI) merupakan kegiatan audit berkala yang tak terpisahkan dari pelaksanaan siklus Sistem Penjaminan Mutu Internal di Perguruan Tinggi.
Kegiatan Pelatihan Audit Mutu Internal (AMI) Perguruan Tinggi, diselenggarakan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan Auditor yang terlatih, terampil dan berkualitas serta mampu dan kompeten mengawal siklus SPMI Unit Kerja/Program Studi di Perguruan Tinggi. Auditor haruslah seseorang yang memiliki kompetensi bidang AMI. Ini salah satunya dapat dibuktikan dengan memiliki sertifikat sebagai auditor. Penugasannya dengan dikeluarkannya surat keputusan/pengangkatan sebagai Auditor dari pimpinan Perguruan Tinggi.
Terkait dengan usaha pemenuhan kebutuhan auditor di Perguruan Tinggi maka Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) STIE PENA mengadakan pelatihan Audit Mutu Internal (AMI) Perguruan Tinggi. Pelatihan yang digagas oleh LPMI STIE PENA ini dilaksanakan pada hari Selasa-Rabu, 8-9 Februari 2022, di Hotel Dalu Majapahit-Semarang. Acara ini diikuti oleh calon auditor internal dari STIE PENA, Program D4 Akuntansi Pajak UNDIP, UNDIP PSDKU Batang, STIE YPPI Rembang, STIE Taman Siswa Banjarnegara, STIE BPD Jateng, STIE Widya Manggala Semarang, dan Universitas An Nuur Purwodadi, yang seluruhnya berjumlah 26 peserta.

Pelatihan dibuka oleh Dr. Luhgiatno, SE, MM, MSi, Ketua STIE PENA, selaku koordinator penyelenggara kegiatan. Dalam sambutannya beliau berharap agar kegiatan yang diselenggarakan secara gotong royong bersama rekan-rekan perguruan tinggi lain ini, mampu memfasilitasi pemenuhan kebutuhan auditor-auditor yang handal dengan kualifikasi dan kompetensi yang baik sebagai auditor di lingkungan perguruan tinggi masing-masing.
Pelatihan AMI-PT kali ini menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya, yaitu Dr. Heri Prabowo, SE, MM melalui Lembaga Pelatihan “KARAKTER” (Research, Development, and Training Program) yang dipimpinnya. Selama pelaksanaan pelatihan yang berlangsung secara tatap muka, seluruh peserta yang hadir tetap menerapkan dan mematuhi standar protokol kesehatan.
WORKSHOP AUDIT MUTU INTERNAL PERGURUAN TINGGIPelatihan secara garis besar dibagi 2 (dua) sesi, pertama yaitu penyampaian serta tanya jawab seputar materi, kedua praktik simulasi AMI. Dr. Hery Prabowo mengawali penyampaian materi dengan menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat AMI. Lebih lanjut materi pelatihan auditor yang diberikan berturut-turut adalah mengenai evaluasi diri, perencanaan AMI, pelaksanaan AMI, laporan AMI, rapat tinjauan manajemen, serta strategi pengembangan implementasi AMI. Selain paparan dan pemberian materi pelatihan, pemberian tugas dan praktik simulasi AMI melengkapi rangkaian kegiatan pelatihan AMI-PT. Hal ini dimaksudkan agar para peserta tidak hanya memahami proses audit tetapi juga mampu untuk melakukan audit.
Kegiatan berakhir dan ditutup oleh Dr. Luhgiatno, SE, MM, MSi pada hari Rabu, 9 Februari 2022. STIE PENA berencana untuk menyelenggarakan pelatihan calon auditor serupa secara bertahap, hingga seluruh dosen tetap STIE PENA bersertifikat sebagai Auditor, memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam melakukan Audit Mutu Internal secara profesional, independent dan objektif.

 

 

 

 

 

Written by : HUMAS STIE PENA

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More To Explore

Seputar Kampus

TEMU ALUMNI dan HALAL BI HALAL TAHUN 2022

Sebagai insan yang beriman seluruh civitas akademika STIE PENA  menyelenggarakan hajatan hahal bi halal setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa ramadhan dan melaksanakan sholat

Seputar Kampus

PELATIHAN & UJIAN BREVET PAJAK A & B TAHUN 2022

MoU STIE PELITA NUSANTARA dengan TAX TRAINING CENTER (TTC) PELATIHAN & UJIAN BREVET PAJAK A & B BAGI MAHASISWA  STIE PELITA NUSANTARA TAHUN 2022  “Masa Depan